Senin, 15 Maret 2010

Ma’arif Gerbang Pendidikan NU

Salah satu lembaga primadona di lingkungan Nahdlatul Ulama adalah LP Ma'arif NU, lembaga ini cukup berperan besar dalam mengenalkan NU di tengah masyarakat dan berkiprah di masyarakat melalui satuan satuan pendidikan yang dimilikinya. Saat ini jaringan sekolah yang dimiliki sekitar 24 sekolah dan madrasah dengan tenaga pendidik sekitar 453 orang yang tersebar di berbagai wilayah di kabupaten Sumedang. Dengan potensi yang besar ini, kepengurusan baru dibawah pimpinan Drs. Rahmat Hidayat ingin memaksimalkan perannya guna mencapai tujuan lembaga.

Sebagai lembaga di lingkungan NU yang mendapatkan mandat dalam bidang pendidikan telah menetapkan visi,misi dan tujuan. LP Ma'arif mempunyai visi menjadi pusat pengembangan pendidikan yang mandiri, unggul dan professional dalam bingkai akhlisunah wal jamaah dan diturunkan dalam bentuk misi yang harus dicapai. Misi LP Ma'arif NU antara lain sebagai penyelenggara pendidikan yang memiliki satuan satuan pendidikan berkualitas, berpretasi dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dengan kelengkapan perangkat pendidikan yang maksimal disertai manajemen yang baik. Bertanggung jawab atas pelaksanaan kebijakan pendidikan Nahdlatul Ulama yang memberikan pelayanan organisasi terhadapa elemen-elemen NU lainnya maupun lembaga atau badan hukum yang didirikan jama'ah. Mengantarkan madrasah, sekolah dan perguruan tinggi menjadi wahana pembukuan siswa,mahasiswa yag menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki keterampilan dan akhlakul karimah dalam bingkai ajaran ahlussunah wal jama'ah.

Menciptakan dinamika pendidikan yang memiliki daya perekat masyarakat nahdliyin yang berada pada kelompok organisasi, ormas dan parpol yang berbeda beda dengan kesamaan identitas nilai dan norma keagamaan dan mengendalikan mutu penyelenggaraan dan mutu lulusan pendidikan dari setiap satuan pendidikan di lingkungan Nahdlatul Ulama. Sedangkan tujuan didirikan LP Ma'arif sendiri untuk mengembangkan potensi manusia agar dapat menguasai dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada allah SWT,serta berakhlakul karimah.

Dari visi,misi dan tujuan lembaga, pengurus LP Ma'arif NU Kabupaten Sumedang telah menetapkan beberapa program unggulan guna mencapai ketiga variable tersebut. Langkah langkah tersebut pertama konsolidasi kepengurusan cabang,kedua memperkuat pendanaan organisasi,ketiga menyempurnakan data base satuan pendidikan dan pengembangan satuan pendidikan media informasi dan komunikasi,keempat mempertegas identitas satuan pendidikan ma'arif,kelima meningkatkan kualitas pendidikan dan terakhir meningkatkan hubungan dan jaringan internasional.

0 Comments:

blogger templates | Make Money Online